Saturday, November 13, 2010

Asus Bamboo Series, Notebook Bercasing Bambu & Berbasis Nvidia Optimus

Asus tampil lebih tangguh dan anggun dalam pelaksanaan acara CeBIT 2010 di Hanover, Jerman. Di sana produsen laptop kenamaan tersebut menghadirkan dua model motherboard Republic of Gamers yang memang diperuntukkan bagi para pecinta game di seluruh dunia. Tidak hanya menawarkan ketangguhan performa dalam bermain game saja tapi kabarnya pihak Asus juga berencana untuk sesegera mungkin memperkenalkan e-reader. Sekalipun sedang sibuk mempersiapkan peluncuran e-reader, ternyata perusahaan asal Taiwan tersebut tak ragu-ragu lagi memperkenalkan laptop seri Bamboo.

Kedua model laptop seri Bamboo yang diperkenalkan kali ini yaitu U33JC dan U43JC. Keduanya mengemban desain yang hampir mirip yang mana bagian casingnya terbuat dari bahan bambu. Penggunaan material bambu pada laptop tersebut ternyata mampu mengurangi penggunaan plastik hingga 20 persen. Fitur-fitur yang dimiliki juga sama, yang berbeda hanyalah ukuran layar, jenis baterai yang digunakan dan berat keseluruhan.

Laptop model U33JC memiliki ukuran layar 13.3 inchi LED-backlit dengan resolusi maksimum 1366×768. Sedangkan model U43JC berukuran layar 14 inchi. Keduanya menggunakan chipset Intel HM55 dan dibekali oleh kekuatan processor Intel Core i3, Core i5 ataupun Core i7. Selain itu memorinya 4GB DDR3 dan berkapasitas hardisk hingga 500GB.

Berat laptop model U33JC yaitu 1.7kg serta menggunakan baterai 8-cell. Sedangkan berat laptop model U43JC yaitu 2.6kg serta menggunakan baterai 6-cell. Tentu saja pihak Asus tak ingin menyia-nyiakan kehadiran kedua laptop seri Bamboo yang ramah lingkungan ini, makanya pihak Asus pun membekali kedua laptop ini dengan teknologi yang ditawarkan oleh Nvidia Optimus. Melalui fungsi ini, sistem akan secara otomatis memilih antara kartu grafis Intel GMA HD dan Nvidia GeForce 310M dengan 1GB VRAM. Selain itu pihak Asus juga mengkombinasikan teknologi ASUS Super Hybrid Engine pada kedua mesin teranyar ini yang mana memungkinkan laptop bekerja dengan energi yang besar namun baterai bisa bertahan lebih lama pada waktu pemakaian. Sayangnya belum ada sedikitpun informasi mengenai kisaran harga dari laptop Bamboo ini.

sumber : www.beritateknologi.com

No comments:

Post a Comment